Membuat Master Kiri Menggunakan Master Rem Relakang

“Ini bukan ilmu baru, beberapa tahun yang lalu sudah ada media online yang menampilkan master kiri seperti ini, tapi sepertinya tidak dicantumkan proses perakitan secara detail. Artikel ini hanya menjelaskan proses kerja berdasarkan yang saya lakukan. Jadi ini bukan murni ide saya”

Gak usah lama-lama meratapi nasib master kopling yang jebol. Segera dipikirkan untuk perbaikannya. Ada tiga opsi perbaikan:

Opsi pertama, beli master baru dengan resiko ukuran seal nggak standar dan akan merepotkan dikemudian hari. Kan bisa diperiksa dulu ukuran seal? Masalahnya untuk memeriksa harus dibongkar, emang boleh sama penjualnya? Kan bisa beli yang branded biar awet ? Kendalanya MAHAL, tuh bini gua udah buru-buru umpetin kartu ATM gwa.

Opsi kedua, memodifikasi master kanan agar bisa dipasang di kiri. Tapi kok kayaknya ribet banget ya ?

Opsi ketiga, memodifikasi master rem belakang agar bisa dipasang di setang kiri. Nah…..ini kayaknya lebih rasional. Lagi pula setelah gugling, ternyata ada yang sudah menerapkan cara ini, cuma sayang tidak dijelaskan tahap pembuatannya.

Kali ini saya nggak mau ambil resiko, jadi saya beli master belakang yang diameter silindernya 0,5 inci atau 12,7mm agar kalau suatu hari jebol gampang cari spare partnya. Bisa ambil punya Satria FU, atau motor lain. Tapi saya pilih KTC dengan pertimbangan, posisi tabung dan lubang baut dudukan saling berseberangan. Ini akan memudahkan dalam membuat dudukan nantinya. Kalau punya Satria FU lubang baut dan tabung ngumpul di satu sisi.

ktc

  1. Membuat handle. Biar nggak ribet saya memanfaatkan bekas master kiri yang dipotong diambil dudukan handelnya saja. Gerinda bagian-bagian yang tidak diperlukan agar lebih rapi.

4- dipotong

  1. Membuat dudukan master. Saya gunakan plat besi 5mm, yang ditekuk dan diberi lubang. Pastikan posisi master lurus terhadap gerak handle agar kerja master bisa maksimal. Setelah didapat posisi yang tepat, plat besi dilas dengan setang.

dudukan

Sudah cukup ? Belum…..Coba perhatikan setud penekan master rem belakang. Setud itu berupa baut yang bisa gerak kiri kanan.

setut

Kalo dipasang apa adanya, saat handle ditarik bukannya setud menekan ke dalam, tapi justru “mlethot” ke samping. Untuk itu perlu dibuatkan semacam “guider” agar saat handle ditekan setud ikut bergerak lurus.

Guider dibuat dari batang besi bulat, tapi yang permukaannya halus. Biar gampang pakai saja as roda atau as presneleng bekas berdiameter 12mm. Potong batang besi tersebut sepanjang +-25mm, lalu lubangi satu sisinya Ø8mm sesuai diameter setud. Jangan tembus, cukup +-15mm saja dan lubangnya harus tegak lurus.

guider

Selanjutnya, perbesar lubang di dudukan handle, sehingga “guider” bisa pas masuk di dalamnya, tidak seret tapi tidak kocak. Bagian yang tidak berlubang menghadap ke luar (yang nantinya akan di tekan handle). Lubang Ø8mm itu buat tempat setut, sehingga setut akan “dipaksa” bergerak lurus maju mundur seirama gerakan “guider”.

Guider terpasang pada rumah handle

Guider terpasang pada rumah handle

Selanjutnya pasang tabung reservoir sesuai selera, yang penting posisinya harus lebih tinggi dari masternya.

Dan, seperti inilah master setelah terpasang di setang bersama dengan handlenya

master tampak atas

posisi guider

Skema master kiri bisa dilihat di gambar di bawah

pemasangan master

PicsArt_1422796676785

Iklan
Pos ini dipublikasikan di roda 2 dan tag , , . Tandai permalink.

11 Balasan ke Membuat Master Kiri Menggunakan Master Rem Relakang

  1. wisnu3ds berkata:

    mana yg mau direstorasi….astrea grand tah?….photo penampakan sebelum direstorasi dooonk…..

    Suka

  2. Ari CX Rider berkata:

    Aku lagi kepikiran jg ki, harga master rem kiri brapaan kang ndek kono?

    Suka

  3. satria injeksi berkata:

    wehh keren iki kang idene..

    Suka

  4. NurGio berkata:

    Mas mau nanya klo handle brembo rcs15 itu yang sebelah kiri ada swit sensor kyak bawaan satria fu kgak ya??
    Yg gunanya saat menekan tombol double stater musti nekan handle kopling dulu baru bs nyala
    Makasih suhu

    Suka

  5. ghoblay berkata:

    Ekstrem bos setang nya ko di las,klo buat motor batangan pasti kelihatan dan gk enak di lihat itu,mending rombak pake rumah master rem depan aja gk ribet banged asal teliti dan hasil rapih maximal setelah di poles atw di cat

    Suka

  6. Eva berkata:

    Keren mas idenya bagus …

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s