Master kiri “China”, ternyata membawa masalah

Sebelumnya penulis minta ma’af, artikel ini tidak bermaksud sara karena judulnya menyebut suatu etnis, tapi memang di pasaran terutama di daerah saya barang-barang KW sering disebut barang China, mungkin karena kebanyakan made in China”

Ini tentang kopling hydrolik yang saya bahas di artikel lalu. Master kopling yang saya gunakan adalah master “china” seperti gambar di bawah.

master kiri

Setelah pemakaian beberapa bulan, seal mulai soak dan ngempos. Akibatnya meski handle ditarik motor tetap nylonong.

Halah………itu kan masalah sepele. Kan tinggal ganti seal piston dengan seal original, beres.

Sekilas tampilan luar sama dengan master standar bawaan motor (hanya yang ini posisi di kiri). Jadi pasti bisa pake seal piston standar motor. Biar nggak kelamaan, langsung bongkar master buat diganti sealnya. Tapi ternyata setelah dibongkar………..ketauan bahwa ukuran pistonnya 11mm !!

seal 11mm

Ngubek-ngubek toko onderdil sekabupaten nggak ada yang jual seal ukuran segitu. Yang ada di pasaran adalah seal piston untuk master rem standar motor yang diameter silinder 0,5 inci alias 12,7mm.

Ya sudah, daripada senewen mikirin seal yang kagak ada yang jual mending itu master dipake buat ngetest gergaji besi yang barusan saya beli. Dan hasilnya…..gergaji besi baru memang terbukti tajam sodara-sodara!!

4- dipotong

UPDATE 12 Agustus 2015

menurut info dari bro Haris seperti dituliskan di kolom komentar di bawah, seal master 11mm ternyata milik Yamaha. Jadi bagi yang sealnya jebol silahkan cari di diler Yamaha terdekat. Trims bro Haris atas infonya

Pos ini dipublikasikan di roda 2. Tandai permalink.

7 Balasan ke Master kiri “China”, ternyata membawa masalah

  1. bapakeVALKYLA berkata:

    orak golek nang jurnatan?

    Suka

  2. Mungkin juga bagian lain yang bermasalah

    Suka

  3. Haris berkata:

    Diameter Piston 11mm tuh punya Yamaha Masbro… Coba aja cek punya Vega, RX-King & Mio.. Mungkin ente dikadalin bengkel, kalo penasaran, ukur lgsg aja di tokonya sebelum barang dibayar.. Ane cuman share pengalaman aja, gak mau berantem disini..

    Suka

Tinggalkan komentar