Ceritanya saya ngebet pangen pasang kopling hydrolik, seperti yang banyak dijual di toko-toko variasi. Tapi saya kurang sreg, karena masih pake kawat di ujung boosternya. Kayaknya kok gimana, gitu.
Akhirnya setelah ubek-ubek perpustakaan untuk mempelajari prinsip kerja Hydrolik, saya coba untuk membuat sendiri kopling hydrolik dengan part yang mudah ditemukan.
Pertama-tama siapkan bahan-bahan:
- Pompa/master atas kiri. Terserah mau pake merk apa, di pasaran banyak tersedia dari yang murah sampai yang mahal.
- Master rem belakang, beli bekas saja biar lebih murah, karena hanya akan diambil selongsong/bodinya saja
- Selang rem, sebaiknya yang model ada anyaman kawatnya, karena katanya lebih kuat
- Piston cup set (seal master rem), usahakan yang kualitas bagus atau original. Saya pilih merk SGP (Suzuki Genuine Part) karena harganya lebih murah dibanding punya Yamaha. “Lho, bukannya onderdil Suzuki mahal ?” Au ah
- Aluminium batangan, di tukang bubut biasanya punya. Kebetulan saya dapatnya Ø16mm
Untuk yang sudah berkeluarga, siapkan bahan tambahan. Yaitu beberapa lembar foto Presiden pertama RI, jumlahnya tergantung situasi dan kondisi. Fungsinya ? Kalo bini ngomel-ngomel, kasih aja suruh pergi belanja. Trust me, its works
OK, sementara bini pergi belanja kita bisa tenang bikin koplingnya. Mari di ulas satu persatu
1- Pergi ke tukang bubut, minta agar :
a. buat silinder housing dari master rem belakang yang dibuang bagian tepinya hingga tersisa bentuk silinder, lalu buat lubang kecil di pangkalnya (kira-kira Ø3mm) untuk pembuangan angin. Jangan lupa, lubang bekas reservoir ditutup dengan las.
b. Bikin nepel pembuangan angin, dari aluminium yang diberi lubang drat di tengahnya. Karena saya pake banjo M6 sebahai nepel pembuangan angin, maka lubangnya juga drat m6. “Ingat, antara lubang dan potongan ujung aluminium harus tegak lurus, itulah alasannya harus buat di tukang bubut”
c. rakit master silinder dengan nepel pembuangan angin, hingga hasilnya seperti gambar
2- Masih di tukang bubut.
Buat stut penonjok (floating piston) yang nantinya akan menekan rumah kopling. Bahannya dari besi biasa (jangan dari baja) yang diberi alur untuk tempat seal. Bentuk dan ukurannya seperti gambar. Pastikan bagian sudut-sudutnya tidak tajam.
Setelah dipasang seal, maka setut penonjok jadi seperti gambar di bawah. PERHATIKAN ARAH SEALNYA. Satu seal menghadap ke luar untuk menahan agar oli mesin tidalk masuk ke silinder housing, sedangkan 2 seal menghadap ke dalam untuk menerima tekanan dari master atas.
Kira-kira seperti inilah nantinya bentuk kopling hydroliknya
Selanjutnya, pasang silinder housing di bak mesin kanan (cluth cover). Tentu saja dengan terlebih dahulu melubangi bak mesin sesuai diameter silinder. Lalu las silinder dengan las argon, sukup dilas pada 3 titik. Kalo dilas full takutnya panas las akan merusak dinding dalam silinder. Agar oli mesin tidak merembes keluar, maka sekeliling silinder ditutup dengan RESIN.
Langkah terakhir, bak kopling dipasang kembali ke motor. Pasang selang hydrolik, lalu isi minyak rem. Keluarkan angin yang terperangkap di dalam silinder. Caranya sama seperti proses pembuangan angin pada caliper rem.
Dan seperti inilah penampakan hasil ahirnya
Minyak sudah diisi, angin sudah dikeluarkan. Saatnya UJI COBA………….
WELADALAH BUJUBUSYEEETTT……………………….ternyata tarikan handle cukup BERAT sodara-sodara. Dan kopling sangat sensitif, artinya ditarik sedikit sudah netral, begitu juga saat lepas kopling, baru dilepas sedikit saja motor sudah loncat. Dicoba di kemacetan, suer…..tangan pegel. Tapi tidak ada gejala selip kopling saat ganti gigi meski pada RPM tinggi.
Artikel ini sekaligus mematahkan mitos bahwa “DENGAN MENGAPLIKASI KOPLING HYDROLIK MAKA KOPLING AKAN MENJADI LEBIH RINGAN”
Yang menentukan berat ringannya kopling adalah perbandingan gerak antara handle dengan setut. Nah pada kasus kopling buatan saya ini, diameter silinder setut sama dengan diameter pompa master, makanya kopling jadi cukup berat.
Kesimpulan : Kopling bikinan saya ini tidak cocok dipakai di jalan padat yang butuh stop and go, bakalan pegel tangan, juga resiko nyruduk kendaraan di depan karena kopling terlalu sensitif cenderung liar. Tapi kalo buat drag,……kayaknya OK.
Biar lebih jelas, berikut saya lampirkan skema kopling hydrolik yang saya buat, kalo ada yang ingin didiskusikan silahkan tulis dikolom komentar
karena diprotes bini motor jadi terlalu liar, maka bikin lagi yang lebih jinak. Pake bekas caliper yang dimodif sedikit.
Kalo yang ini, ……baru nyaman. Detailnya di artikel salanjutnya sajah
yen meh gantung kopling piye Lek..?
SukaSuka
tinggal colek sithik to, tapi nek suwe suwe yo pegel
SukaSuka
wagh..kreatif… orang bengkel ya bro?
motor legend tuh..crystal…
SukaSuka
bengkel ‘pemaen’ jepara Om,, 😀
SukaSuka
Hujan, sementara pemaen out of stok
SukaSuka
Saya bukan orang bengke bro, tapi tukang meubel, kebetulan di tempat kerja banyak peralatan buat bongkar motor, termasuk las argon dam metal miling yg pinjamable
SukaSuka
10 lembar aja,,
SukaSuka
Bisa kurang, tergantung situasi di lapangan 😀
SukaSuka
Itu dia, kalo udh punya istri, susah utk memodif motor, kecuali dikasih tuh yg gambarnya Proklamator beberapa lembar
SukaSuka
wes.. ndang diproduksi massal kang 😀
SukaSuka
1 juta yak..hee
SukaSuka
ijin nyimak sahadja…gak paham masalahnya
SukaSuka
Silahkan masbro, mau praktek juka boleh
SukaSuka
wah blog baru ko gak bilang2 akang ini hehe. rumit juga ternyata butuh banyak ketelitian, apalagi kalo blok mesin kanan tipe mesin kopling otomatis. tapi ini juga udah luar biasa bikin sendiri mantap bingits.
SukaSuka
Iya, blog ini rencana khusus bahas crystal dan serba serbinya, nggak ngikut arus sama bolger mainstrim. Tapi ya…..resikonya update artikelnya lama, toh nggak dikejar setoran
SukaSuka
ya tak apa lah kang jarang update juga yg penting sekali update artikelnya berguna dan berkualitas. itu yg penting.
SukaSuka
sedikit masukan dari saya. kang coba bikin kopling hidrolik dengan konsep yang hampir sama, tanpa kawat seperti yang akang terangkan. namun bagaimana caranya untuk bikin semacam alat untuk menarik tuas kopling yg ada pada bagian mesin (cantolan kabel kopling asli pabrikan yg nempel untuk narik kopling pada mesin). jadi kinerjanya tarik handle kopling terus si alat tersebut mendorong tuas kopling cantolan pada mesin ke arah depan, dengan begitu otomatis tetap terasa ringan dan enak. coba kang sapa tahu jadi proyek kopling hidrolik generasi selanjutnya.
SukaSuka
Lah, ya justru gampang toh. Coba lihat gambar ke5 dari atas. Nah, itu jangan dilas pada bak mesin, tapi diletakkan di belakang tuas kopling, maka saat handle ditarik, tuas akan didorong. Sudah ada yg buat seperti itu
SukaSuka
wahahaha iya ya sori2 berarti itu dibikin 2 manfaat sklagus. untuk kopling otomatis blok mesinnya bisa dan blok mesin kopling manual pun bisa. tinggal dipasang saja jadi. terima kasih suhu 😀
SukaSuka
Dan master nggak perlu dibubut jadi bulat, biarin dudukan baut dan klip pengunci tetap ada. Cukup tutup lubang reservoir dan tambah lubang pembuangan angin
SukaSuka
sip kang mantap. eh ngomong satrianya juga dong bikin kopling hidrolik biar nanti saya bisa tiru buat shogun sp ane hahahah.
SukaSuka
Satria tuh motor buat cari nafkah, jangan dimodif macem2, standar ajah cukup
SukaSuka
lah kan ada neng hayati eh hayate buat cari nafkah mah. lebih enak lebih santei cucok buat bwa belanjaan kepunyaan istrinya.
SukaSuka
Hayate motor bini euy, jangan diganggu gugat
SukaSuka
wekekeke berarti klo dipake suami buat kerja bisa2 tak dikasih jatah untuk malamnya :v
SukaSuka
Ohya, sistem di luar floating piston pun nggak perlu bikin, pake aslinya saja, cantolan yg buat pedal rem tinggal dibaut ke tuas kopling
SukaSuka
oke sip kang. tengkyu
SukaSuka
sori kang bahasanya kurang enak dibaca maklum saya bukan orang teknik xixixixi………… ya pokonya gitu deh jadi sistemnya kaya tarik ulur otomatis, namun tetap akan terlihat enak dipandang. keuntungannya : saya yakin akan lebih ringan + gampang perawatannya. tinggal kreativitas akang saja bermain disana.
SukaSuka
Kayaknya butuh bantuan orang marketing nih, buat merangkai kata
SukaSuka
hahahahahhahaha bisa aja si akang ini 😀
SukaSuka
hebatttt brader bisa bikin beginian…keren nich taro di light sport macam cb ama nevil……
SukaSuka
mbok menowo kangen njondil njondil numpak suzuki
SukaSuka
Pesan bisa om
SukaSuka
Wkwkwkw mantab,seni,kreatif,artikel nya mendidik agar kreatifitas di explore biar makin cerdas n rajin,klo ane bro bikin dari awal pake pala babi mio lama yg lobang nya di samping biar kece badai buat mega pro modif drag harian ane,pengerjaan manual blok di bor pake mata bor boleh minjem gk tau ukuran nya pokoknya guede trus sisa nya pake mata tuner yg ane punya trus di amplas pake bor juga biar rapih n halus,pala babi di potong bagian yg buat dudukan kampas rem,seal di copot lalu di bawa ke tukang las karbit langganan,ukir sana ukur sini hajar miring jadi deh,buat master kopling nya saya pake fariasi ktc mahal n susah nyari nya tapi oke lah sebanding dengan hasil nyakopling jadi enteng beud,tarik pake 2 jari juga masih lumayan padahal per kopling udah di ganjel ring per,problem masih rembes oli mesin dari lasan yg kurang nutup sudah di lem besi,ok makasih sudah berbagi bro
SukaSuka
nambal las2an yg rembes mending pake lem porting bro, lem besi nggak tahan lama
SukaSuka
bang, kalo motor supra yg udah make bak kopling tngan, terus pngen di rakit jadi hydrolik, itu gi mama caranya ?
SukaSuka
Bro artikel sing pake kaliper bekas kok rung muncul
SukaSuka
Bang izin tanya, kalo di bak kopling otomatis, apakah kampas gandanya jg masih bisa kepake? Jadi pake kopling bisa, gapake koplingpun juga bisa?
SukaSuka